Tuesday, May 5, 2015

AYO MEMUJI

AYO MEMUJI !!!

Sebuah cara unuk membentuk persahabatan di antara teman sekelas adalah dengan mengatakan hal yang baik satu sama lain. Katakan sesuatu yang baik mengenai teman sekelasmu yang berdiri di depan seperti dia cantik atau ganeng, baik atau apapun. mudah bukan?"

Adalah cuplikan conversation dalam sebuah movie korea yang berjudul HAPPINESS For Sale. Film yang bergendre Comedy ini mengingatkan kembali tentang kehidupan sekolah dasar beberapa waktu silam.Dimana eksistensi sebuah toko pojok penjual peralatan sekolah dan mainan anak SD dipertahankan.

Dalam cuplikan ini, ada seorang anak yang di jauhi oleh teman-temannya, karena dia suka mencuri dan pendiam "tidak pandai bergaul". Sang Guru sudah mencari beberapa cara agar anak tersebut bisa bermain dan bergaul seperti anak-anak lainnya, lalu diajarkanlah bab "AYO MEMUJI" ini.


Sang Guru memanggil satu per satu murid maju kedepan dan menyuruh siswa yang duduk untuk menyebukan kebaikan-kebaikan yang pernah dilakukan oleh anak yang maju ke depan. Lalu tiba anak pendiam yang ditunjuk oleh sang guru. Tidak ada yang mau untuk berkomentar positif selain mengolok untuk menyebutkan keburukannya. Lalu anak yang pendiam itu dengan wajah tenang mulai menyebut nama temannya satu persatu dan menyebutkan semua kebiasaan baiknya. Semua anak langsung tertegun dan terharu tidak menyangka bahwa hal sepele yang dilakukan diingat dengan baik oleh anak pendiam tersebut.

Agaknya bab AYO MEMUJI ini merupakan suatu bab yang dibutuhkan oleh anak-anak jaman sekarang.
Jika diingat-ingat kembali beberapa waktu silam, ada kalanya saat SD kita memiliki teman, dan adakalanya juga teman kita lebih memilih meninggalkan kita demi berteman dengan anak yang punya banyak mainan lebih. Sehingga akan muncul "GENG" dan menciptakan banyak anak-anak yang terkucilkan dari pergaulan. Sepele namun sangat berarti, saat kita mencoba untuk memuji teman kita, bukan berarti membuat teman kita untuk merasa sombong, akan tetapi mencipakan suasanya nyaman. Tidak hanya anak-anak saja yang perlu untuk mempraktekkannya tapi juga semua umur rasanya perlu.Agar menumbuhkan rasa persahabatan minimal pertemanan.

Kurangnya memuji membuat pribadi merasa paling benar, dan lama kelamaan akan membuat hati akan mudah meremehkan orang orang disekitar. Mungkin bisa juga, sifat ini akan memunculkan kenakalan remaja berupa tawuran dan lain sebagainya. Maka dari itu menjadi penting untuk mengajarkan diri sendiri agar mudah memuji teman-teman kita. :D


arsyfatih
06/05/2015


No comments:

Post a Comment