Thursday, February 25, 2016

Bantulah Mereka yang Mendoakanmu




Beberapa waktu silam, saat musim haji, berduyun-duyun berburu para sahabat yang berangkat, hanya untuk menitip do'a. Disaat semuanya mengiyakan,
lalu tiba tiba ada sms dari seorang sahabat yang sudah ada disana, namun belum sempat aku menemuinya, ia mengsms saya untuk menuliskan do'a saya.

Hal mengejutkan terus terjadi, saat saudara saya membalas do'a saya dengan permintaan "Bantu dengan tahajud ya ukhty"...

Ingatan saya langsung mengacu pada tulisan pak salim ini...

begitulah harusnya.. "Sungguh mulia, semoga keberkahan melimpah atasmu. terimakasih" batinku...



****
Kerinduan

di satu lepas maghrib aku rindu
pada saudara terkasihku
kukirim pesan padanya
“akhi, adakah tersisa kata untukku hari ini?”

dia menjawab, “do’akan aku, akh.”
kujawab, “selalu, akhi. insya Alloh. adakah kau pun mendo’akan kami?”
“insya Alloh,” jawabnya lagi.

aku tersadar telah melupakan sesuatu.
lalu bertanya lagi.
“adakah pinta khususmu, yang kau ingin kami memohonkannya pada Alloh untukmu?”
agak lama ia menjawab tanya kali ini.

lalu setelah isya terlunaikan...
“lembutkan hatiku. ampuni dosaku. perbaiki amalku.
aku merasa hati ini keras. keras sekali.”

malam kian larut
menjelang istirahatku, sekaligus
mungkin juga saat ia sedang sibuk-sibuknya
aku mengatakan sesuatu
yang lebih tepat ditelunjukkan pada diriku

“ketika Sa’d ibn Abi Waqqosh minta dido’akan agar do’anya
mustajabah, Rosululloh bersabda kepadanya, ‘bantulah, aku hai
Sa’d, dengan memperbaiki makananmu!’

“ketika seorang shohabat lain minta dido’akan agar bisa
membersamai Sang Nabi di surga, beliau bersabda padanya,
‘bantulah aku dengan memperbanyak sujud!’

“akhi sayang, do’a kami jauh sekali bobotnya daripada do’a Sang
Nabi. hingga, jika beliau saja meminta agar para shohabat yang
dido’akan membantu do’anya dengan ikhtiar mereka, maka
harapan kami akan ikhtiar Antum berlipat-lipat, akhi.”

“iya kan, akhi?”
dengan gerimis, lalu kuhayati firman Alloh yang kusampaikan
padanya

“beramallah―berikhtiarlah, maka Alloh, Rosul, dan orang
beriman akan melihat amal kalian.”
“teriring do’a kami selalu, semangat akhi!”

Dalam Dekapan Ukhuwah
****

ArsyFatih

No comments:

Post a Comment